UJI KOMPETENSI LSP-P1 UM SKEMA INSTRUKTUR SENIOR

FR.APL.01 dan FR.APL.02

FR.IA.06.A. DPT – DAFTAR PERTANYAAN TERTULIS ESAI

No Soal
1 Apa saja tahapan yang perlu dilakukan dalam perencanaan program pelatihan kerja?
 2 Bagaimana cara melakukan analisis gap keterampilan (skill gap analysis) sebelum menyusun program pelatihan?
 3 Apa saja faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan tujuan pelatihan kerja?
 4 Apa perbedaan antara kurikulum dan silabus dalam konteks pelatihan kerja?
 5 Bagaimana Anda menyusun kurikulum yang efektif untuk pelatihan berbasis kompetensi?
 6 Bagaimana Anda menentukan metode pelatihan yang paling sesuai dengan kebutuhan peserta?
 7 Bagaimana Anda memanfaatkan teknologi dan media digital dalam penyusunan program pelatihan?
 8 Apa saja indikator yang digunakan untuk menilai keberhasilan program pelatihan kerja?
 9 Bagaimana Anda mengelola waktu dan sumber daya dalam penyusunan dan pelaksanaan program pelatihan kerja?
 10 Bagaimana Anda memastikan bahwa program pelatihan yang Anda susun mematuhi peraturan dan standar nasional yang berlaku?
 11 Jelaskan langkah-langkah yang Anda ambil dalam menentukan kebutuhan pelatihan individu. Bagaimana Anda memastikan bahwa kebutuhan pelatihan yang Anda identifikasi relevan dan sesuai dengan tujuan perusahaan?
 12 Anda diberikan beberapa tugas untuk mengembangkan media pembelajaran dan merancang konten e-learning dalam waktu yang terbatas. Bagaimana Anda mengelola waktu dan prioritas untuk memastikan semua tugas selesai tepat waktu?
 13 Dalam proses pengembangan program pelatihan, Anda menemukan bahwa sebagian besar peserta pelatihan memiliki latar belakang yang berbeda dari yang diharapkan. Bagaimana Anda menyesuaikan desain pelatihan agar tetap relevan bagi semua peserta?
 14 Bagaimana Anda berkolaborasi dengan tim lain dalam merancang pembelajaran yang inovatif untuk suatu program pelatihan kerja? Sebutkan peran Anda dalam tim dan bagaimana Anda menyesuaikan diri dengan dinamika lingkungan kerja!
 15 Bagaimana Anda akan menerapkan pendekatan yang sama yang Anda gunakan dalam merancang konten e-learning ini ke dalam program pelatihan lain yang memiliki konten atau audiens yang berbeda?
 16 Jelaskan langkah-langkah utama dalam merancang konten e-Learning yang efektif untuk program pelatihan kerja!
 17 Bagaimana cara memastikan bahwa konten e-Learning yang dirancang tetap relevan dan berkualitas seiring perkembangan teknologi?
 18 Jelaskan konsep dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lembaga pelatihan kerja serta mengapa disiplin dalam penerapannya menjadi aspek yang sangat krusial!
 19 Bagaimana peran dan tanggung jawab seorang instruktur senior dalam menerapkan dan mengawasi penerapan K3 di lingkungan lembaga pelatihan kerja? Jelaskan dengan rinci!
 20 Sebutkan beberapa aturan atau prosedur K3 yang wajib diterapkan di lembaga pelatihan kerja dan jelaskan bagaimana seorang instruktur senior dapat memastikan aturan-aturan tersebut diterapkan secara disiplin!
 21 Jelaskan bagaimana cara mengidentifikasi persyaratan bahasa, literasi, dan berhitung dalam suatu program atau sesi pelatihan kerja sesuai dengan kebutuhan di tempat kerja. Sertakan langkah-langkah dan metode yang digunakan untuk memastikan identifikasi tersebut tepat dan akurat!
 22 Jelaskan strategi yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan bahasa, literasi, dan berhitung selama proses pembelajaran! Bagaimana ketaatan pada strategi-strategi tersebut mempengaruhi hasil pembelajaran secara keseluruhan?
 23 Bagaimana Anda menilai kebutuhan peserta dalam lingkungan pembelajaran virtual?
 24 Bagaimana Anda mengadaptasi konten pembelajaran virtual agar relevan dengan situasi industri saat ini?
 25 Apa langkah pertama yang Anda ambil jika peserta mengalami kesulitan mengakses platform pembelajaran?
 26 Bagaimana Anda menganalisis kebutuhan lingkungan kerja saat merancang program pembelajaran?
 27 Bagaimana Anda mengintegrasikan pengalaman praktis ke dalam program pembelajaran?
 28 Bagaimana Anda menangani umpan balik negatif dari peserta terkait materi pembelajaran yang tidak sesuai?
 29 Apa langkah yang Anda ambil untuk memfasilitasi magang atau praktik kerja bagi peserta di DUDI?
 30 Bagaimana Anda mengidentifikasi kebutuhan industri dalam kerjasama dengan DUDI?
 31 Bagaimana Anda menangani perbedaan ekspektasi antara institusi pendidikan dan DUDI?
 32 Bagaimana cara menentukan konten atau materi yang harus ada dalam program pelatihan?
 33 Data apa saja yang harus disimpan dalam database pelatihan?
 34 Bagaimana cara mengintegrasikan program pelatihan dengan database?
 35 Bagaimana cara memastikan bahwa program pelatihan relevan dengan perkembangan saat ini?
 36 Bagaimana cara mengukur keberhasilan program pelatihan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + six =

Scroll to Top